Esprit De Corps


Perbedaan profesi, strata dan latarbelakang eksekutif dalam perusahaan, yang memang harus ada seringkali berdampak tumbuhnya perasaan berbeda dan dibedakan yang negatif dikalangan internal perusahaan, yang akhirnya menjadi kontra produktif. Semangat dan motivasi untuk membangun perusahaan sebagai tempat karir bersama menjadi hilang dan kepentingan kelompok/individu menjadi lebih prioritas. Kondisi yang demikian tidak perlu terjadi apabila perusahaan mampu membangun budaya kebersamaan dalam pencapaian visi dan misi perusahaan.

Learning organization menjadi salah satu kata kunci, yaitu proses organisasi yang secara terus menerus belajar secara kolektif dan sungguh-sungguh guna mentransformasikan budaya dan nilai-nilai yang mendukung tercapainya komitmen kebersamaan, dan hal tersebut perlu distimulasi untuk menjadi sebuah kebiasaan kerja (habit).

Perubahan budaya dan nilai-nilai tidak dapat dilakukan secara seketika (instant), melainkan melalui proses berkesinambungan yang membutuhkan INTERVENSI AWAL.

Dalam kerangka intervensi awal ini, program aktivitas luar ruang menjadi salah satu pilihan strategis. Aktivitas di alam terbuka menyediakan ruang untuk membebaskan kelompok/individu dari profesi dan strata formal maupun perbedaan latar belakang. Keterbukaan dan kebersamaan guna menjalin keeratan komunitas yang dirancang dalam program ini, akan melatih sensitivitas kelompok/individu melalui experiential learning yang membawa peserta terlibat dalam dinamika psikologis menuju pola-pola perilaku komitmen kebersamaan yang diinginkan.

0 komentar: